Sabtu, 18 Maret 2017

PERILAKU MASYARAKAT DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT Karena dengan rahmat,karunia,serta taufiq dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang “PERILAKU MASYARAKAT DALAM  PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA”.Dan juga kami berterima kasih kepada Bapak Hamal Malik S.Pd selaku Guru mata pelajaran IPS yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
        Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai PERILAKU MASYARAKAT DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA .Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.Oleh sebab itu,kami berharap adanya kritik,saran  dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang,mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
        Semoga makalah sederhana ini dapat di pahami bagi siapa pun yang membacanya.Sekiranya makalah yang disusun ini dapat berguna bagi kami maupun orang yang membacanya.Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun diri anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.


Tanjonge ,07 February 2016


                                                                                                             Penyusun 





                                                DAFTAR ISI                                         

Hal
KATA PENGANTAR .…..……………..…………….….………..................................................  i
DAFTAR ISI …….….………………..……………………………..................................................... ii
PENDAHULUAN …………….…..……..……………………….….................................................. iii
1.  Latar Belakang ………....................……..…..…….….………............................. iii
2.  Rumusan Masalah ……….……….……….………………………................…...  iv
3.  Tujuan Penulisan …..…..……….…………………............................................... iv 
PEMBAHASAN MATERI .………………..…………..........…….................…….... 1
 PERILAKU MASYARAKAT DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA ......... 1
1.Respon Masyarakat  Terhadap Perubahan  Sosial Budaya …......................... 1
a.  Unsur-Unsur Pola Pikir Masyarakat  ….……………………............................. 2
b.  Bentuk-bentuk perubahan sosial dan budaya masyarakat...........................   3
2.Dampak Perubahan Sosial Budaya Dalam Masyarakat .………....................... 5
a.  Dampak Positif Perubahan Sosial Budaya …..…….……………...................... 5
b.  Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya ….……..….…….......................... 6
3.Sifat Kritis Terhadap Pengaruh Perubahan Sosial ….…….……...................  7
PENUTUP .………….….……………………………….……….…...........................  9
1. Kesimpulan ….…....…..………………………..……………................................... 9
2.  Saran…………….…….………..……….......…….….……..........................................................  10
3.  Daftar Pustaka …..….…..…….…..……………..………….................................................... 11



PENDAHULUAN
1.  Latar Belakang
Setiap masyarakat dalam kehidupannya pasti mengalami perubahan-perubahan. Berdasarkan sifatnya, perubahan yang terjadi bukan hanya menuju ke arah kemajuan, namun dapat juga menuju ke arah kemunduran. Perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat turut mempengaruhi kehidupan masyarakat. Perubahan itu dapat terjadi dalam berbagai bidang kehidupan, tingkah laku termasuk pada hidupnya. Didalam masyarakat akan terlihat dengan jelas masyarakat yang mendapat pengaruh perubahan sosial budaya dan masyarakat yang tidak mendapat pengaruh.Perubahan-perubahan masyarakat dapat mengenai nilai-nilai sosial norma-norma sosial, pola-pola perilaku organisasi, susunan lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang interaksi sosial.
Perubahan dalam masyarakat memang telah terjadi dari zaman dahulu.Namun,dewasa ini perubahan-perubahan tersebut berjalan dengan sangat cepat sehingga membingungkan manusia untuk menghadapinya yang sering berjalan secara konstan.Ia memang terikat oleh waktu dan tempat.Akan tetapi dengan sifatnya yang berantai,perubahan terlihat berlangsung terus,walaupun diselingi keadaan di mana pun mengadakan reorganisasi unsur-unsur struktur masyarakat yang terkena perubahan.Berdasarkan hal tersebut,perlu kiranya menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya.



 PEMBAHASAN MATERI
 PERILAKU MASYARAKAT DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
Ø Respon masyarakat terhadap perubahan social budaya.
Ø Dampak perubahan social budaya dalam masyarakat.
Ø Sikap kritis terhadap pengaruh social budaya.

1. RESPONS MASYARAKAT TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
     Penerimaan masyarakat terhadap perubahan sosial dan budaya yang terjadi berbeda-beda sesuai kedalaman pengaruh perubahan tersebut.Perubahan yang tidak memengaruhi nilai-nilai dan norma yang sudah ada dalam masyarakat masih bisa diterima oleh masyarakat mungkin akan mengakibatkan timbulnya gejolak.Masyarakat akan menolaknya dengan berbagai cara seperti:
1)   Adjustment yaitu keadaan dimana suatu masyarakat mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.
Contohnya : orang-orang yang melakukan urbanisasi.
2)  Maladjustment yaitu keadaan dimana suatu masyarakat tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.
Contohnya : orang-orang badui.
3)  Disintegrasi merupakan suatu sikap yang menggambarkan adanya ketidaksesuaian dan ketidakselerasan di antara unsur yang paling berbeda dalam kehidupan sosial.Disintegrasi terjadi manakala dalam suatu sistem atau organisasi terjadi  ketidakcocokan antar bagian atau elemen tertentu sehingga menimbulkan tercerai berainya suatu sistem yang ada.
Contohnya : Perseteruan antara KPK dengan kapolri.
4)  Reintegrasi merupakan suatu proses pembentukan norma dan nilai-nilai baru untuk menyesuaikan diri dengan lembaga kemasyarakatan yang mengalami perubahan.(Ada proses adaptasi dari bagian organisasi atau masyarakat terhadap konsep organisasi baru ).
Contohnya : adanya reformasi menjadikan masyarakat untuk bisa hidup mandiri dan berperan aktif dalam pengawasan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.

A.   UNSUR-UNSUR POLA PIKIR MASYARAKAT
    Ada masyarakat yang mudah menerima terjadinya perubahan sosial budaya,namun ada pula yang  sulit menerimanya.Masyarakat yang sukar menerima perubahan biasanya masih memiliki pola pikir yang tradisional.Pola pikir masyarakat tradisional mengandung unsur-unsur sebagai berukut :
a.   Bersifat sederhana.
b.   Memiliki daya guna dan produktivitas rendah.
c.   Bersifat tetap atau monoton.
d.   Memiliki sifat irasional atau tidak rasional.
    Selain itu,masyarakat tradisional cenderung mencurigai budaya asing yang masuk ke lingkungannya.Namun demikian,ada pula unsur budaya asing yang mereka terima.Hal itu di sebabkan unsur budaya asing tersebut membawa kemudahan bagi kehidupannya.
    Pada umumnya,unsur-unsur budaya yang membawa perubahan sosial budaya dan mudah diterima masyarakat adalah jika :
a.   Unsur kebudayaan tersebut membawa manfaat yang besar,seperti radio transistor.
b.   Peralatan yang mudah dipakai dan memiliki manfaat,seperti bolpoin yang digunakan untuk tulis menulis merupakan unsur budaya barat.
c.   Unsur kebudyaan yang mudah menyesuaikan dengan keadaan masyarakat yang menerima unsur  tersebut,misalnya mesin perontok padi,bermanfaat dan mudah dioperasikan.
    Sementara itu,unsur-unsur budaya yang sulit diterima masyarakat adalah sebagai berikut :
a.   Unsur kebudayaan yang menyangkut sistem kepercayaan,seperti ideologi  dan falsafah hidup.
b.   Unsur kebudayaan yang dipelajari merupakan tahap pertama proses sosialisasi.

     Kebalikan dari masyarakat tradisional adalah masyarakat modern.Masyarakat modern telah mengalami perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.Pola pikir masyarakat modern mengandung unsur – unsur sebagai berikut:
a.   Bersifat dinamis atau selalu berubah mengikuti perkembangan zaman.
b.   Berdasarkan akal pikiran manusia dan senantiasa mengembangkan efesiensi dan efektivitas.
c.   Tidak mengandalkan atau mengutamakan kebiasaan atau tradisi masyarakat.
B.BENTUK-BENTUK PERUBAHAN SOSIAL DAN BUDAYA MASYARAKAT
1. Perubahan Lambat dan Perubahan Cepat
Perubahan lambat adalah perubahan-perubahan yang memerlukan waktu lama, dan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat dinamakan evolusi. Pada evolusi perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa rencana atau kehendak tertentu. Ada beberapa macam teori tentang evolusi, yang digolongkan beberapa kategori :
a. Unilinear Theories Of Evolution
Teori ini pada pokoknya berpendapat  bahwa masyarakat mengalami perkembangan sesuai dengan tahap-tahap tertentu, bermula dari bentuk sederhana, kemudian menuju bentuk yang kompleks sampai pada tahap sempurna. Polopor-pelopor teori tersebut anatara lain August Comte, Herbert Spencer.
b. Universal Theory Of Evolution
Teori ini menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidaklah perlu melalui tahap-tahap tertentu yang tetap. Teori ini mengemukakan bahwa kebudayaan manusia telah mengikuti suatu garis evolusi tertentu. Prinsip-prinsip teori ini diurai oleh Herbert Spencer yang menyatakan bahwa masyarakat merupakan hasil perkembangan dari kelompok homogen ke kelompok yang heterogen.
c. Multilined Theories Of Evolution
Teori ini menekan pada penelitian terhadap tahapan perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat, misalnya tentang perubahan sistem pencaharian dari sistem berburu ke petani.

Sementara itu,perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan  yang berlangsung dengan cepat yaitu menyangkut dasar-dasar atau sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat yang dinamakan “revolusi”. Unsur-unsur pokok revolusi adalah adanya perubahan dasar atau sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat yang terjadi dapat direncanakan terlebih dahulu atau tanpa direncanakan. Ciri-cirinya membutuhkan waktu singkat, perubahannya besar karena menyangkut sendi-sendi pokok kehidupan, perubahan disadari/direncanakan, seringkali diikuti oleh kekerasan atau menimbulkan konflik. Ex: revolusi Indonesia tahun 1945, reformasi Indonesia tahun 1998, revolusi industri Perancis dan Inggris.
2.  Perubahan yang pengaruhnya kecil dan pengaruhnya besar.
Perubahan yang pengaruhnya kecil adalah perubahan yang tidak membawa pengaruh langsung bagi kehidupan masyarakat. Ex; perubahan mode pakaian, gaya potongan rambut, dsb.Perubahan yang membawa pengaruh besar adalah perubahan yang membawa pengaruh langsung terhadap kehidupan masyarakat karena perubahan yang terjadi pada unsur-unsur sosial budaya masyarakat. Ex: Industrialisasi membawa pengaruh pada hubungan kerja, lembaga kemasyarakatan, system pemilikan tanah, pelapisan sosial, hubungan kekerabatan, dll.
3.  Perubahan yang dikehendaki/direncanakan dan perubahan yang tidak dikehendaki/tidak direncanakan.
Perubahan yang dikehendakai atau direncanakan merupakan perubahan ulang telah dikehendakai maupun direncanakan terlebih dahulu oleh pihak pihak dalam masyarakat. Pihak pihak yang menghendaki perubahan itu disebut agen of change. Pembangunan adalah perubahan yang sudah diperkirakan sebelumnya oleh pihak-pihak tertentu yang ada dalam masyarakat. Perubahan yang tidak dikehendaki/tidak direncanakan adalah perubahan yang tidak diperkirakan sebelumnya. Biasanya perubahan tidak dihendaki muncul sebagai dampak dari perubahan yang direncanakan.


2.DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM MASYARAKAT
A.Dampak Positif Perubahan Sosial Budaya
   Dampak positif perubahan sosial budaya,antara lain dapat dilihat pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,perubahan tata nilai dan sikap,dan meningkatnya kehidupan ke yang lebih baik.
a. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
   Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) mampu mendorong masyarakat untuk makin maju.Dengan demikian,tingkat kehidupan masyarakat diharapkan menjadi lebih baik lagi.
b. Perubahan Tata Nilai dan Sikap
Dengan perubahan sosial budaya,tata nilai dan sikap masyarakat pun cenderung mengalami perubahan,yaitu dari berpikiran tidak rasioanl ke arah rasional.Misalnya perubahan pola pikir bahwa banyak anak banyak rejeki mulai berubah ke keluarga kecil dan bahagia sejahtera.
c. Meningkatkan Kehidupan ke yang Lebih Baik
    Kehidupan masyarakat modern membuka kesempatan  luas pada pekerjaan di bidang jasa.Bidang ini manyerap banyak tenaga kerja.Akibatnya,banyak tenaga kerja yang terserap di sektor tersebut sehingga kehidupan masyarakat cenderung berubah ke arah perbaikan.
Dampak positif lainnya antara lain sebagai berikut:
1.  Eratnya integrsi masyarakat.
    Hal tersebut bisa terjadi jika masyarakat dapat menyikapi dengan baik sehingga tidak terjadi konflik.
2. Kemajuan teknologi.
    Teknologi seiring zaman terus maju,hampir semua orang sudah bisa memanfaatkan teknologi di sekitarnya sehingga bisa meningkatkan taraf hidup mereka.
3.   Tingkat kehidupan yang lebih baik.
    Seperti yang disebutkan di poin ke-2 dimana teknologi membawa perubahan besar dalam kehidupan seseorang dan kita dapat menggunakan untuk kebaikan produktifitas manusia.

4.   Pola pikir yang lebih maju.
    Kalau dulu mungkin saja masyarakat pikiran mereka masih primitif dan terisolir,berkat modernisasi dan pengetahuan mereka dapat berfikir lebih maju dan meninggalkan pemikiran lama.
5.   Menu,bahkan sikap menghargai waktu dan mau bekerja keras.
B.Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya
      Dampak negatif perubahan sosial budaya,antara lain pola hidup konsumtif,sikap individualistis,munculnya kesenjangan sosial,dan gaya hidup kebarat-baratan.
a)   Pola Hidup Konsumtif
       Pola hidup konsumtif makin berkembang karena didukung oleh media massa yang juga semakin berkembang.Televisi menjadi media massa yang paling ampuh dalam menyuburkan pola hidup konsumtif.Melalui iklan,produk-produk sebuah perusahaan dikenalkan.Makin banyak iklan muncul di media massa akan makin cepat dikenal masyarakat.
     Banyaknya iklan akan mendorong masyarakat untuk membeli.Akibatnya,para pengusaha akan meningkatkan produksinya.Membanjirnya barang-barang kebutuhan dengan promosi yang memikat dapat membuat masyarakat makin konsumtif.
     Untuk menghindari agar tidak terjebak pada pola hidup konsumtif maka kita harus mampu menentukan skala prioritas dari kebutuhan kita.Belilah barang yang betul-betul kita perlukan.Pola hidup konsumtif merupakan pola hidup yang boros karena suka membelanjakan uang untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.
b)        Sikap Individualisme
     Persaingan hidup yang makin keras dan ketat membuat manuasia makin tidak peduli dengan orang lain.Mereka hanya memikirkan diri sendiri dan kehidupannya.Orang-orang seperti ini biasanya berprinsip asal tidak mnyusahkan dan merugikan orang lain saja.Kehidupan mereka hanya terfokus pada cara untuk memenuhi segala kebutuhannya saja.
    Sikap hidup gotong royong dan tolong menolong lebih bersifat fungsional,misalnya menyumbang untuk panti asuhan atau bencana alam.Sikap hidup individualisme dapat dirasakan di kota-kota besar.Hal itu,misalnya disimbolkan dengan dibangunnya tembok yang tinggi untuk memagari rumahnya.
c)   Munculnya Kesenjataan Sosial
   Perubahan sosial budaya biasanya dirasakan oleh masyarakat tertentu saja,misalnya masyarakat perkotaan.Masyarakat yang mampu menikmati perubahan akan memiliki kemampuan sosial ekonomi yang lebih baik daripada yang tidak.Hal itulah yang menimbulkan kesenjangan sosial dalam masyarakat.
d)  Sikap Hidup Kebarat-Baratan
   Sikap hidup kebarat-baratan merupakan cara hidup yang meniru pola hidup orang barat (Eropa dan Amerika) tanpa mengindahkan budaya timur yang seharusnya masih dijunjung tinggi.
e)   Kriminalitas.
   Perubahan sosial budaya juga bisa mengakibatkan kriminalitas,faktornya  seperti persaingan hidup yang semakin ketat dan juga perilaku konsumtif manusia yang tidak diimbagi dengan pemasukan yang ada dapat menimbulkan seseorang berbuat nekat demi keinginannya.
f)   Gaya hidup.
   Gaya hidup masyarakat tertentu bisa berubah karena adanya globalisasi,mereka mengikuti  gaya orang luar yang mungkn saja dianggap tidak pantas di negera sendiri.

3.SIKAP KRITIS TERHADAP PENGARUH PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
Semua orang anggota masyarakat menginginkan keadaan masyarakat yang harmonis dan serasi,sehingga hidupnya terasa nyaman,aman,tenteram,damai,sejahtera dan bahagia.Namun masyarakat juga menginginkan adanya kemajuan kehidupannya.Padahal untuk dapat mencapai kemajuan masyarakat harus mengalami perubahan yaitu perubahan sosial dan dan budaya.Perubahan sosial budaya tersebut dapat menimbulkan pengaruh yang positif dan negatif dalam masyarakat,maka anggota masyarakat harus dapat bersikap bagaimana masyarakat maju tetapi hidupnya aman,nyaman dan tenteram.Perubahan sosial budaya tidak hanya disebabkan faktor dari dalam,tetapi juga dari luar termasuk dari negara asing.Perubahan tidak selamanya membawa ke arah kebaikan atau bersifat positif.Perubahan bisa juga berakibat negatif.
Kita harus mempunyai sikap tegas menolak terhadap perubahan yang mambawa ke arah negatif sekalipun itu datangnya dari barat.Akan tetapi,kita dapat mengambil pengaruh positifnya dengan tetap berpedoman pada nilai dan norma masyarakat.
Untuk itulah masyarakat harus mempunyai sikap kritis terhadap perubahan sosial dan budaya dalam masyarakat,sebagai berikut:
a.   Mengambil pengaruh positif budaya barat,seperti tepat waktu,bekrja keras,dan rajin belajar berbagai ilmu pengetahuan dan menolak pengaruh yang negatif.
b.   Membentengi diri dengan ilmu agama agar tidak mendapatkan pengaruh negatif dari budaya lain atau asing.
c.   Mengenal dan mencintai kebudayaan sendiri serta berusaha melestarikannya.
d.   Berusaha menyesuaikan diri dengan perubahan sosial budaya yang terjadi,jika memang perubahan tersebut baik dan diperlukan masyarakat.
e.   Beranggapan bahwa untuk mencapai kemajuan harus ada perubahan dan berusaha mencegah  pengaruh perubahan sosial budaya yang kurang baik.


                                           PENUTUP
A. KESIMPULAN
          Perubahan kebudayaan menimbulkan akibat  positif dan negatif.Akibat positif perubahan sosial budaya antara lain, perubahan tata nilai dan sikap, ilmu pengetahuan dan teknologi serta tingkat kehidupan yang lebih baik. Akibat negatif perubahan sosial budaya, antara lain sikap individu, hidup konsumtif, gaya hidup kebarat-baratan, dan munculnya kesenjangan sosial. Kita harus bersikap tegas menolak unsur budaya barat yang negatif.Perkembangan dalam masyarakat dapat menyebabkan perubahan dalam perilaku masyarakat yang bersangkutan.
        Perubahan sosial mengakibatkan 2 macam reaksi,yaitu penyesuaian dan disintegrasi berupa konflik ataupun perpecahan.Seiring dengan arah perubahan sosial yang berkaitan dengan peluang dan tantangan,hendaklah masyarakat tetap tegar dan mampu beradaptasi dengan segala bentuk perubahan sosial agar tidak terjadi disintegrasi ataupun konflik yang dapat mengganggu berlangsungnya pembangunan.

  
B.SARAN
      Disarankan kepada teman-teman yang membaca makalah ini,agar sekiranya memberi masukan kepada kami apabila terdapat kesalahan atau kekurangan di dalam makalah kami ini,dan kami menyadari bahwa,makalah kami ini masih jauh dari kata sempurna,maka dari itu kami sangat memerlukan kritik atau masukan dari teman-teman agar kami bisa memperbaiki makalah ini.Sekiranya makalah yang disusun ini dapat berguna bagi kami maupun orang yang membacanya.Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.


  
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.2013.Perubahan Sosial Budaya.From:http://nuno-friendstore.blogspot.com/2013/01/perubahan-sosial-budaya.html.  diakses 05 April 2013.
Anonim.2013. faktor penyebab perubahan sosial. From
Anonim.2015.Perubahan-Sosial-Budaya.from:http//:Googlelight.com?lite=http:/www.zonasiswa.com/2015/02/perubahan-sosial-budaya.html&i=XZQMjjTY&Ic=id-ID&geid=10&s=1&m=339&ts=1455429853&sig=ALL1Aj74l_BJKjPk49HBQErRo-ykSr16RQ.
Anonim.2014.perubahan-sosial-budaya-dalam.from:http://guruhdurang.blokspot.co.idgarin2014garin11garinperubahansosialbudayadalam.html?m=1.















1 komentar:

Unknown mengatakan...

izin copas,terima kasih

PENGENDALIAN HAMA & PENYAKIT SECARA TERPADU

KATA PENGANTAR             Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Kami panjatkan puja dan puji syuku...